MACAM-MACAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Dalam inovasi pendidikan tidak bisa lepas dengan masalah
revolusi metode, kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk
bisa menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan
pendidikan. Untuk itu ada lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem
pendidikan yang lebih baik.
a. Lima Macam
Teknologi
1) Sistem Berpikir
Sistem berpikir menjadikan kita untuk lebih hati-hati dengan
munculnya tiap metode di dunia pendidikan. Hal ini untuk mengantisipasi
terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. Tanpa sistem berpikir kita akan
sulit untuk mengadakan peningkatan riil di bidang pendidikan. Jadi sistem
berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum, dimana berbagai hal saling
terkait.
2) Desain Sistem
Desain sistem adalah teknologi merancang dan membangun
sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat yang
meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk menciptakan
suatu sistem yang baru dan suatu atraksi untuk perubahan.
3) Kualitas Pengetahuan
Mutu atau kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang
memproduksi suatu produk atau jasa yang sesuai harapan. Ilmu pengetahuan yang
berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasii pendidikan.
4) Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu energi
kreatif ke arah perubahan positif. Dapat juga diartikan sistem pemikiran yang
berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAK
(Perencanaan, Organisasi, Aktualisasi, dan Kontrol)
5) Teknologi Pembelajaran
Disini ada dua bagian yaitu peralatan pelajar elektronik
(komputer, multimedia, internet, telekomunikasi) dan pembelajaran yang
didesain, metode dan sebagainya diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang
efektif. Pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar. Jadi
teknologi pembelajaran adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan
belajar.
b. Tiga Macam
Teknologi Pendidikan
Macam-macam teknologi pendidikan menurut Davies (1972) ada
tiga yaitu :
1).Teknologi Pendidikan Satu
Teknologi pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat
keras seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD-ROM, LCD, TV, Video dan
alat elektronik lainnya). Teknologi mekanik ini dapat mengotomatiskan proses
belajar mengajar dengan alat yang memancarkan, memperkuat suara,
mendistribusikan, merekam dan mereproduksi stimuli material yang menjangkau
pendengar/siswa dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan
efisien.
2).Teknologi Pendidikan Dua
Teknologi pendidikan dua mengacu pada “perangkat lunak”
yaitu menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam
kurikulum, dalam pengembangan instruksional, metodologi pengajaran, dan
evaluasi. Jadi teknologi dua menyediakan keperluan bagaimana merancang yang
baru atau memperbarui yang sekarang, bermanfaat pada pengalaman belajar mesin
dan mekanisme dipandang sebagai intrumen presentasi atau transmisi.
3).Teknologi Pendidikan Tiga
Teknologi pendidikan tiga, yaitu kombinasi pendekatan dua
teknologi yaitu “perangkat keras” dan “perangkat lunak”. Teknologi pendidikan
tiga, orientasi utamanya yaitu ke arah pendekatan sistem, dan sebagai alat
meningkatkan manfaat dari apa yang ada di sekitar. Teknologi pendidikan tiga dapat
dikatakan sebagai pendekatan pemecahan masalah, titik beratnya dalam orientasi
diagnostik yang menarik. Dari ketiga macam teknologi di atas dapat dikatakan
bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya mengacu
pada perangkat keras saja seperti yang umum dijadikan sebagai persepsi yang
benar, namun juga meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat
keras dan lunak.
sumber : https://witamawarni.blogspot.co.id/2017/11/macam-macam-teknologi-pendidikan.html
Komentar
Posting Komentar